Pengertian Browsing, Searching, Downloading, Uploading, Domain, Perbedaan Blog & Website, dan Cara Mendownload Buku di Google Books

4.    Buat penjelasan mengenai :
       a.    Browsing, searching, downloading, uploading
       b.    Domain
       c.     Perbedaan blog dan website
       d.    Cara download buku di google books

  Jawaban :

     a.    Browsing, searching, downloading, dan uploading
·       Browsing biasa juga disebut dengan surfing yang dalam Bahasa Indonesia berarti menjelajah, menelusuri, mencari. Jadi, browsing berarti suatu aktivitas menjelajahi internet dengan menggunakan sebuah perangkat yang berbasis hypertext untuk mencari informasi seperti berita, gambar, buku, game, dan lainnya. Atau browsing merupakan kegiatan menjelajah ke alamat-alamat / situs pada internet. Untuk menjelajahi internet digunakan aplikasi yang dinamakan dengan Browser.
·       Searching merupakan kegiatan mencari / pencarian ke alamat-alamat yang dituju pada internet. Searching juga berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya digunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.
·       Downloading adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem yang lainnya. Dengan kata lain, download adalah proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi.
·       Uploading atau sering dikatakan dengan mengunggah adalah suatu cara atau proses untuk mengirimkan file (seperti file gambar, program, dokumen pdf, music, dll) dari computer pribadi ke sebuah system server dan file atau data akan dipublikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau banyak orang.

     b.    Domain
         Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama            server computer seperti web server atau email server di jaringan computer                ataupun  internet. Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet          pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga untuk mempermudah                mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka            yang  rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

     c.     Perbedaan blog dan website
         Blog dan website adalah media yang digunakan untuk membagikan                      konten/informasi berupa text, gambar, video, dan audio kepada banyak orang            yang sedang membutuhkan informasi dari internet. Pada dasarnya website dan            blog  mempunyai perbedaan dalam banyak hal walaupun sepintas terlihat sama.        Berikut beberapa perbedaan antara blog dan website, yaitu :
1.     Kemudahan
   Blog jelas lebih mudah dibuat dan digunakan daripada website, yaitu hanya dengan mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur yang sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik. Sedangkan, jika ingin memiliki sebuah website, diperlukan beberapa hal seperti domain, webhosting, script yang akan diunggah ke webhosting, hingga software  File Transfer Protocol (FTP).
2.    Konten
   Postingan di blog dapat berisi berbagai macam bahasan seperti mengenai berita terbaru, teknologi, fashion, tutorial, produk tertentu dan masih banyak lagi yang membuat blog terlihat seperti majalah digital. Sedangkan, website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, website memiliki isi genre yang serupa.
3.    Daftar konten
   Blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah dibuat disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap kali mengunjungi sebuah blog biasanya akan langsung ditemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemilik blog. Sedangkan, di website tidak ditemui daftar kronologis postingan. Data yang ada dalam website biasanya bersifat statis.
4.    Interaksi pengguna
   Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar, menyukai, dan membagikan posting. Sedangkan, pada website baisanya admin memblock komentar sehingga website terlihat kurang interaktif.
5.    Formal dan informal konten
   Blog biasanya menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya. Sedangkan, website umumnya menggunakan bahasa formal untuk menggambarkan isinya.
6.    Pengelola
   Pengguna blog adalah kalangan masyarakat biasa yang ingin menyalurkan hasil tulisannya kepada banyak orang. Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang. Sementara website dimiliki oleh satu orang atau lebih sesuai dengan tujuan dibuatnya website itu. Pemilik website biasanya adalah kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.
7.    Biaya
   Blog dapat digunakan secara gratis karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.
8.    Performa
   Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul ketika digunakan. Website yang dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung website. Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain seperti sebagai media bisnis online.
9.    Halaman
   Pada blog, system halaman bergulir untuk melihat informasi selanjutnya (Cascading Style Sheet/CSS). Sedangkan, pada website halaman terdiri dari page dengan link untuk mengakses.
10.  Alamat
   Pada website alamat berupa domain dan hosting yang berbayar. Sedangkan, pada blog alamat berupa sub domain dan bersifat gratis.
11.   Desain template
   Pada website, desain template lebih bagus dan jarang ada kesamaan antara website satu dengan website lain. Desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut, sehingga tampilan website akan sesuai dengan selera pemiliknya. Template website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit. Sedangkan, desain template blog bisa jadi sama antara blog satu dengan blog lain karena menggunakan template yang sudah tersedia (template bawaan dari platform blog) atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog.
12.  Tujuan
   Blog diciptakan untuk keperluan pribadi. Pemilik  blog biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menuliskan catatan pribadinya (diary online), tempat menyalurkan ide, kreasi dan aspirasi pemilik blog agar dapat dibagikan kepada teman-temannya. Seiring dengan perkembangan waktu, fungsi blog bergeser dari yang semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media bisnis online. Sementara itu, kemunculan website memang diciptakan pemiliknya untuk keperluan komersial, seperti profil perusahaan dan jualan online.

     d.    Cara download buku di google books
         Langkah-langkah untuk mendownload buku di google books, yaitu :
·       Buka aplikasi Google Books Downloader, jika belum memiliki aplikasinya bisa download dengan alamat seperti gambar dibawah. Install aplikasi apabila sudah terdownload

·         Kemudian masuk ke alamat https://books.google.co.id

·         Cari topik atau buku apa yang ingin di download

·         Kemudian pilih salah satu buku

·         Salin/copy alamat URL dari buku yang dipilih

·       Kemudian tempel/paste alamat URL yang disalin ke aplikasi Google Books Downloader yang telah dibuka. Lalu klik Start

·         Kemudian tunggu proses downloadnya


·         Setelah terdownload buku bisa digunakan

Komentar

  1. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya RIKA DAMA YANTI (1922500099) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menentukan Jam Masuk dan Jam Pulang Pegawai Menggunakan Rumus IF Microsoft Excel