Menggunakan Rumus Excel (AVERAGE dan IF) dalam Menentukan Nilai Rata-Rata dan Predikat

2.      Buat tabel seperti berikut : isi rata-rata dan predikat dengan kategori :
Jika Rata-Rata Nilai Siswa lebih dari 80, maka predikat Baik
Jika Rata-Rata Nilai Siswa lebih dari 60, maka predikat Cukup
Jika Rata-Rata Nilai Siswa kurang dari 60, maka predikat Kurang

Jawaban :
Langkah-langkah menentukan nilai rata-rata dan predikat dari soal diatas, yaitu :

1.      Setelah membuat tabel seperti soal di atas, gunakan rumus AVERAGE, yaitu =AVERAGE(number1;[number2];…) atau =AVERAGE(number1,[number2],…), bisa menggunakan “ ; ” atau “ , ” sesuai perintah di Excel Anda. Rumus untuk menentukan nilai rata-rata soal di atas dengan cara mengetik =AVERAGE(block dari cell C5 sampai E5) sehingga rumusnya menjadi =AVERAGE(C5:E5) kemudian tekan enter.

2.      Letakkan kursor diujung kanan cell sampai bertanda +, kemudian tarik sampai cell rata-rata terakhir. Secara otomatis semua cell rata-rata akan terisi dengan tepat.



3.      Untuk menentukan predikat, gunakan rumus IF, yaitu  =IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]) atau =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false], bisa menggunakan “ ; ” atau “ , ” sesuai perintah di Excel Anda. Rumus untuk menentukan predikat dari soal diatas, yaitu :
=IF(F5>8;"BAIK";IF(F5>6;"CUKUP";"KURANG"))
Ketikkan rumus diatas di cell predikat, kemudian tekan enter.

4.      Letakkan kursor diujung kanan cell sampai bertanda +, kemudian tarik sampai cell predikat  terakhir. Secara otomatis semua cell predikat akan terisi dengan sesuai dengan nilai rata-rata.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Browsing, Searching, Downloading, Uploading, Domain, Perbedaan Blog & Website, dan Cara Mendownload Buku di Google Books

Menentukan Jam Masuk dan Jam Pulang Pegawai Menggunakan Rumus IF Microsoft Excel